29
May

Pujian yang Sehat

Amsal 27:1-6

Biarlah orang lain memuji engkau dan bukan mulutmu,

orang yang tidak kaukenal dan bukan bibirmu sendiri.

(Amsal 27:2)

 

 

 

“Nay… mukamu kok berseri-seri begitu, sih? Senyum-senyum sendiri pula. Lagi senang ya?” tanya Rina kepada Naysila, sahabatnya. “Ah, tau aja kamu, Rin,” kata Naysila tersipu-sipu. “Ada apa sih? Cerita dong sama sohib-mu ini,” pinta Rina. “Ini lho,” kata Naysila sambil menunjukkan smartphonenya. “Banyak banget yang komen kalau aku tuh cantik di foto ini. Dan tahu tidak? Yang komen itu follower yang tidak kukenal.” Rina membalas, “Ya ampun, Nay… kamu tuh memang pada dasarnya cantik. Kamu saja yang tidak percaya diri. Sekalipun tidak pakai make up seperti di foto ini, kamu itu sudah cantik.” Naysila pun tersenyum mendengar pujian yang tulus dari sahabatnya itu.

 

 

Dalam Amsal ini, penulis memberi peringatan kepada kita untuk berhati-hati dengan pujian. Setiap orang tentu suka dengan pujian. Akan tetapi, pujian yang datang dari diri sendiri, kerap mencerminkan rasa narsis (cinta diri) yang bisa berubah menjadi narsisme (cinta diri berlebihan). Sementara pujian yang datang dari orang lain, apalagi yang tidak dikenal, umumnya lebih tulus dan apa adanya tentang diri kita. Selain itu, dalam hidup ini juga penting bagi kita untuk menerima teguran, supaya kita bisa mengevaluasi diri. Sebaliknya, aneka perlakuan baik yang kita terima, sekalipun kita berbuat salah, sesungguhnya bisa mendatangkan jerat pada diri kita.

 

 

Teens, dalam hidup ini kita perlu bijak dalam menyikapi pujian. Penulis Amsal menyatakan bahwa lebih baik pujian itu datang dari orang lain, apalagi yang tidak dikenal, karena pujian tersebut lahir dari ketulusan, bukan hanya untuk merebut hati kita belaka. Persoalannya, zaman di mana kita hidup kerap mendorong kita untuk menjadi narsis lewat foto-foto yang diunggah di media sosial. Saat seorang terbelenggu dalam narsisme, godaan untuk memuji diri begitu tinggi. Karena itu, belajarlah untuk tidak mudah memuji diri sendiri.

Multiple Ajax Calendar

May 2018
S M T W T F S
« Apr   Jun »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Pengganti ongkos cetak dan biaya pengiriman:

Rp. 65.000,-/tahun

Rp. 7.500,-/eksemplar


Pembayaran melalui:

Bank Mandiri - Jakarta, Kelapa Dua

A/C No. 165 0000 558743

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama

Marketing


BCA Bidakara

A/C No. 450 558 9999

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama


Persembahan Kasih melalui:

BCA Bidakara

A/C No. 450 305 2990

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama