5
Sep

Kristus Imam Besar Istimewa

Ibrani 9:11-14

… betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal

telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah

sebagai persembahan yang tak bercacat,

akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia,

supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

(Ibrani 9:14)

 

 

 

Pernahkah kamu memperhatikan upacara-upacara tradisional yang mengadakan ritual penyembelihan hewan di altar? Di Jawa, Sumba, Nusa Tenggara, dan banyak daerah lain lagi bisa kita dapati budaya tradisional Indonesia yang melakukan dan meme­lihara ritual tersebut. Salah satu tujuannya adalah untuk melakukan ritual pembersihan kesalahan dan sekaligus menunjukkan rasa syukur manusia ke­pada Yang Ilahi.

 

 

Penulis surat Ibrani menggunakan gambaran ritual korban penebusan dosa di Bait Suci dalam tradisi agama Yahudi. Gambaran itu cukup familiar bagi pembacanya yang memang berlatar belakang Kristen Yahudi. Imam Besar Yahudi setahun sekali memasuki ruang mahakudus di Bait Allah untuk melaku­kan ritual pengorbanan atas dosa-dosa umat Israel dan juga atas dosanya sendiri. Imam Besar itu akan membawa darah dari hewan korban sebagai bentuk ritual yang diharuskan agar dosa-dosa mereka dihapuskan oleh Allah. Nah, untuk menjelaskan ke-“lebih”-an Tuhan Yesus dibanding Imam Besar biasa, maka penulis Ibrani menun­jukkan beberapa keistimewaan-Nya. Pertama, Yesus melakukan ritual ini sekali untuk selamanya, bukan terus-menerus diulang-ulang. Kedua, Yesus membawa darah yang istimewa, yakni darah-Nya sendiri. Dalam ritual ini Yesus mempersembahkan diri-Nya sendiri sebagai kurban tanpa cacat yang akan menyucikan hati nurani manusia.

 

 

Tuhan Yesus Kristus merelakan darah-Nya tercurah bagi kita, karena Ia hendak menyucikan hati dan hidup kita. Itu juga berlaku untuk kamu, tentunya. Ritual pengur­banan Kristus adalah ritual istimewa yang terjadi sekali untuk selamanya, sebagai tan­da cinta kasih-Nya yang tak terhingga. Sudahkah hidupmu ditandai dan diresapi oleh rasa syukur dan takjub karena penerimaan dan imanmu akan kurban Kristus? Sudah­kah kamu hidup benar sebagai upaya untuk menjaga kesucian hatimu? Renungkanlah!

Multiple Ajax Calendar

September 2018
S M T W T F S
« Aug   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Pengganti ongkos cetak dan biaya pengiriman:

Rp. 70.000,-/tahun

Rp. 8.000,-/eksemplar


Pembayaran melalui:

Bank Mandiri - Jakarta, Kelapa Dua

A/C No. 165 0000 558743

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama

Marketing


BCA Bidakara

A/C No. 450 558 9999

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama


Persembahan Kasih melalui:

BCA Bidakara

A/C No. 450 305 2990

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama