4
Feb

JADILAH MUKJIZAT!

1 Raja-raja 17:8-16

Tepung dalam tempayan itu tidak habis

dan minyak dalam buli-buli itu tidak berkurang

seperti firman TUHAN yang diucapkan-Nya dengan perantaraan Elia.

(1Raj. 17:16)

 

 

 

Mukjizat sering kali dimaknai sebatas kejadian-kejadian ajaib yang di luar nalar manusia dan melawan hukum alam: berjalan di atas air, air menjadi anggur, laut terbelah, roti berlipat ganda, orang mati dibangkitkan, dan sebagainya. Pemahaman semacam itu seringkali membuat kita berpikir bahwa kita bukanlah bagian dari keajaiban tersebut, dan mukjizat sulit terjadi lagi dalam hidup kita di zaman sekarang. Mukjizat hanya menjadi kisah di dalam Alkitab, yang dialami oleh orang-orang pada zaman dahulu, itu pun oleh orang-orang tertentu saja.

 

 

Bacaan kita mengisahkan salah satu mukjizat yang paling terkenal dalam Alkitab, yaitu tepung yang tidak habis dan minyak yang tidak berkurang. Tepung dan minyak tersebut adalah milik seorang janda di Sarfat yang ditemui oleh Nabi Elia. Tentu saja, peristiwa tersebut merupakan mukjizat yang mengherankan dan mengagumkan. Allah berkarya di tengah keterbatasan janda di Sarfat sehingga pada akhirnya kebutuhannya dapat terpenuhi. Namun, hanya peristiwa itukah yang dapat kita maknai sebagai mukjizat?

 

 

Youth, ada baiknya kita melihat bahwa keajaiban itu tidak sekadar pada hal-hal adikodrati dan luar biasa semata. Kita dapat memaknai kisah di atas dengan cara lain, bahwa mukjizat itu berawal dari Allah yang memperjumpakan Elia dengan janda di Sarfat. Dalam perjumpaan itu, ada Elia yang meyakinkan si janda untuk tidak takut (ay. 13), dan ada si janda yang mau membuka diri untuk menolong Elia. Bukankah tindakan kita menguatkan dan menolong orang lain juga layak disebut mukjizat? Tepung yang tidak habis serta minyak yang tidak berkurang adalah mukjizat yang berawal dari perjumpaan indah itu. Jika kita ingin mengalami mukjizat, jangan hanya menunggu mukjizat itu datang. Mari berbuat baik kepada orang lain. Jadilah mukjizat!

 

 

  1. Janda di Sarfat yang akhirnya mau menolong Elia menunjukkan iman yang seperti apa?
  2. Tindakan apa yang dapat kita lakukan untuk menjadi mukjizat?

 

 

Pokok Doa: Diberi kemampuan menguatkan dan menolong orang lain.

Multiple Ajax Calendar

February 2019
S M T W T F S
« Jan   Mar »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
2425262728  

Pengganti ongkos cetak dan biaya pengiriman:

Rp. 70.000,-/tahun

Rp. 8.000,-/eksemplar


Pembayaran melalui:

Bank Mandiri - Jakarta, Kelapa Dua

A/C No. 165 0000 558743

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama

Marketing


BCA Bidakara

A/C No. 450 558 9999

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama


Persembahan Kasih melalui:

BCA Bidakara

A/C No. 450 305 2990

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama