3
Feb

Open Minded

2 Raja-raja 5:1-14

Tetapi pegawai-pegawainya  datang mendekat serta berkata kepadanya: “Bapak, seandainya nabi itu menyuruh perkara yang sukar kepadamu, bukankah bapak akan melakukannya? Apalagi sekarang, ia hanya berkata kepadamu: Mandilah dan engkau akan menjadi tahir.”

(2 Raja-raja 5:13)

Setiap orang pernah mengalami kesulitan ketika menghadapi perubahan. Itulah yang dirasakan oleh Eyu. Ia baru saja pindah rumah setelah kedua orangtuanya bercerai. Eyu mengikuti mamanya pulang ke kota asal mamanya. Tinggal serumah dengan eyangnya yang kolot membuat Eyu tidak nyaman. Sekolahnya yang baru tidak semenyenangkan sekolahnya yang lama. Ia merindukan temantemannya yang lama. Eyu merasa frustrasi dengan kehidupannya yang berubah. Ia menjadi sering membentak, bermuka masam, marah-marah, dan lebih suka menyendiri.

Naaman berulang kali merasakan kemarahan setibanya di Israel. Kedatangan Naaman dan rombongannya disambut kemarahan raja Israel (ay. 7). Raja Israel menuduh bahwa mereka sedang mencari gara-gara dengannya. Persoalan itu dapat diselesaikan setelah Naaman diarahkan kepada Nabi Elisa. Namun, sesampainya di rumah Elisa, Naaman kembali marah. Sebab, sang nabi tidak menemuinya dan hanya memberi perintah melalui seorang suruhan agar Naaman mandi di Sungai Yordan. Pegawai-pegawai Naaman mencoba membuka pikiran Naaman. Mereka mengajak Naaman tidak berhenti pada ketersinggungan karena tidak ditemui, tetapi berfokus pada perintah nabi. Sebagai seorang panglima, Naaman terbiasa mengerjakan perintah-perintah yang sulit. Maka, untuk perintah yang mudah ini tentunya Naaman akan dapat melakukannya. Akhirnya, pikiran Naaman terbuka. Ia menuruti perintah Elisa dan ia pun sembuh.

Teens , terkadang hidup juga membawa kita pada situasi yang berubah. Keadaan yang berbeda dari yang biasa kita hadapi; tidak ideal seperti bayangan kita. Bagaimana kita dapat bertahan di tengah situasi yang demikian? Belajar dari Naaman, daripada marah, lalu menyalahkan keadaan, lebih baik kita membuka pikiran. Pikiran yang terbuka adalah yang mau belajar memahami situasi yang berbeda dan melihatnya sebagai kesempatan untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Multiple Ajax Calendar

February 2023
S M T W T F S
« Jan   Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728  

Pengganti ongkos cetak dan biaya pengiriman:

Rp. 70.000,-/tahun

Rp. 8.000,-/eksemplar


Pembayaran melalui:

Bank Mandiri - Jakarta, Kelapa Dua

A/C No. 165 0000 558743

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama

Marketing


BCA Bidakara

A/C No. 450 558 9999

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama


Persembahan Kasih melalui:

BCA Bidakara

A/C No. 450 305 2990

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama