10
Feb

Crab Mentality

Kejadian 4:1-8

… maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu, tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.
(Kejadian 4:4-5)

 

Pernahkah kamu melihat banyak kepiting dalam satu ember? Biasanya kepiting yang masih hidup itu akan mencoba naik untuk keluar dari ember. Namun, upaya seperti itu tidak akan pernah berhasil karena kepiting lainnya akan menarik lagi temannya untuk tetap berada di ember. Perilaku kepiting yang seperti itu kemudian dijadikan analogi dari sikap iri pada keberhasilan orang lain: crab mentality (mentalitas kepiting).

 

Kain dan Habel adalah kakak beradik. Idealnya hubungan antarsaudara itu kompak, saling membantu, mendukung satu sama lain. Namun, relasi antarsaudara tidaklah selalu ideal. Kakak dan adik juga kerap iri satu sama lain. Dalam teks Alkitab hari ini, rasa iri itu terjadi pada dua saudara yang sudah dewasa. Kain bekerja sebagai petani, sedangkan Habel menjadi gembala kambing domba. Ketika keduanya datang kepada Tuhan untuk bersyukur, Kain merasa iri pada hasil kerja Habel. Hasil kerja Habel yang dipersembahkan kepada Tuhan diindahkan oleh Tuhan. Sebaliknya, Tuhan tidak mengindahkan persembahan Kain. Tidak ada penjelasan tentang alasan dari sikap Tuhan ini, tetapi Tuhan kemudian berbicara kepada Kain, “Apakah mukamu tidak akan berseri jika engkau berbuat baik?” Semestinya, jika apa yang dikerjakan Kain adalah hal yang baik, maka Kain akan merasa gembira dan tidak perlu marah. Namun, Kain sangat dikuasai oleh iri hati sehingga ia membunuh adiknya.

 

Teens , orang-orang yang mempunyai daya tahan kuat dan mental kuat tidak akan membenci keberhasilan orang lain. Jujurlah pada dirimu sendiri. Adakah kamu bersikap memusuhi dan melihat orang lain sebagai ancaman? Apakah kamu iri melihat orang lain yang lebih darimu dan memiliki hal-hal yang tidak kamu punya? Jangan biarkan rasa iri menguasai dirimu, ya! Jadikanlah orang-orang yang kamu pandang berhasil sebagai teman dan belajarlah dari mereka. Keberhasilan akan datang dari ketekunan dan kerja keras, bukan dari iri hati.

Multiple Ajax Calendar

February 2023
S M T W T F S
« Jan   Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728  

Pengganti ongkos cetak dan biaya pengiriman:

Rp. 70.000,-/tahun

Rp. 8.000,-/eksemplar


Pembayaran melalui:

Bank Mandiri - Jakarta, Kelapa Dua

A/C No. 165 0000 558743

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama

Marketing


BCA Bidakara

A/C No. 450 558 9999

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama


Persembahan Kasih melalui:

BCA Bidakara

A/C No. 450 305 2990

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama