6
May

MALIN KUNDANG

Ulangan 5:16

Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan …

Hormatilah ayahmu dan ibumu – ini adalah suatu perintah yang penting,

seperti yang nyata dari janji ini ….

(Efesus 6:1-2)

 

 

 

Di Pantai Air Manis, Padang, terdapat bongkahan batu menyerupai sosok manusia yang sedang bersimpuh minta ampun. Menurut legenda, sosok itu ialah Malin Kundang, yang tidak mengakui ibunya. Cerita rakyat ini mengandung nilai moral yang menekankan tentang sikap hormat kepada orangtua; berkat doa dan restu orangtua, menjadi jalan bagi kehidupan anak-anak meraih mimpi dan masa depan mereka.

 

 

Dalam sepuluh perintah Allah, perintah “Hormati ayah dan ibumu” merupakan perintah pertama yang menyangkut hubungan kasih antara manusia satu dengan lainnya. Artinya, perintah ini adalah simpul antara hubungan dengan Allah juga dengan sesama. Sebab, dari orangtualah kita mengenal kasih dan hormat kepada Allah sekaligus belajar nilai moral etis dalam relasi sosial dengan sesama. Dalam tradisi Israel, peran orangtua dan keluarga menjadi sentral kehidupan dan pertumbuhan iman. Orangtua wajib mengajarkan dan menceritakan karya kasih Allah yang membawa dan membebaskan mereka dari perbudakan. Tanpa relasi dan pengetahuan dari orangtua, maka anak-anak Israel tidak akan memiliki identitas iman dan karakter yang menjamin lanjut umur dan berkat Tuhan di sepanjang masa.

 

 

Teens, menghormati orangtua bukanlah sebuah pilihan, juga bukan sekadar kewajiban, tetapi merupakan suatu keistimewaan dan ketaatan. Sikap hormat tersebut harus kita nyatakan melalui bentuk perhatian yang tulus kepada orangtua kita. Mengapa demikian? Sebab, ketika mereka telah memilih untuk menjadi orangtua, berarti mereka siap menanggung kita sebagai bagian dari kehidupannya dan menjadi teladan iman bagi anak-anak. Menjadi orangtua bukanlah hal mudah. Banyak tanggung jawab yang harus dipikul dan pengorbanan demi anak-anak mereka. Karena itu, Tuhan memerintahkan setiap anak menghormati orangtuanya “supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu.” Menghormati orangtua menjadi jaminan berkat Tuhan bagi kehidupan yang saling berbagi dalam kasih dan ketaatan antara anak dan orangtua. Hormatilah dan sayangilah orangtuamu!

Multiple Ajax Calendar

May 2020
S M T W T F S
« Apr    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Pengganti ongkos cetak dan biaya pengiriman:

Rp. 70.000,-/tahun

Rp. 8.000,-/eksemplar


Pembayaran melalui:

Bank Mandiri - Jakarta, Kelapa Dua

A/C No. 165 0000 558743

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama

Marketing


BCA Bidakara

A/C No. 450 558 9999

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama


Persembahan Kasih melalui:

BCA Bidakara

A/C No. 450 305 2990

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama