7
Feb

Enggak Asal Ngikut

Roma 12:1-2

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
(Roma 12:2)

 

Suatu kali dalam sebuah demonstrasi damai yang berubah menjadi rusuh, para demonstran melakukan penjarahan. Mereka merusak bangunan dan mengambil barang-barang. Ketika beberapa orang sedang mencoba membongkar satu toko yang digembok, seorang demonstran perempuan menghalangi upaya pembobolan itu. Meski beberapa kali didorong, ia kembali lagi dan terus mencoba menghalangi. Perempuan itu kemudian berteriak, “Kita adalah demonstran, bukan penjarah!” Dalam situasi begitu, sebetulnya mudah sekali orang terpancing dan ikut-ikutan merusak, lalu menjarah. Namun, perempuan tadi enggak asal ngikut perbuatan orang-orang di sekitarnya.

 

Dalam nasihatnya Paulus mengatakan, “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini.” Maksud Paulus adalah umat Tuhan jangan mudah berubah karena hanya ikut-ikutan orang di sekitarnya. Bukan karena teman saya begitu, saya pun ngikut begitu. Paulus meminta agar umat Tuhan berubah oleh pembaruan budi. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan yang didasari pada budi yang diperbarui dengan pemahaman yang benar dan bertanggung jawab.

 

Teens , kamu bisa saja melihat orang lain dan mengikuti cara hidup atau cara pandangnya. Namun, kamu juga mesti punya pemahaman yang benar dan bertanggung jawab. Misalnya, kamu follow Faye dengan “Rumah Faye”-nya. Kamu sering bikin status tentang Faye dan tentang perdagangan manusia. Kamu ngikutin karena kamu memahami bahwa kamu perlu berbuat sesuatu untuk mencegah perdagangan manusia. Begitu juga halnya dalam pertemanan, kamu bisa ikut-ikutan temanmu, tetapi jangan asal ngikut. Kamu mesti sadar bahwa kamu bisa memilih untuk mengikuti atau tidak. Apa dasarmu buat ngikutin mereka? Apakah alasannya benar dan bertanggung jawab? Berdoalah dan mintalah pimpinan Roh Kudus supaya kamu bisa membedakan mana kehendak Allah dan mana yang bukan. Hidup yang demikianlah yang kemudian kita jadikan persembahan bagi Tuhan.

Multiple Ajax Calendar

February 2023
S M T W T F S
« Jan   Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728  

Pengganti ongkos cetak dan biaya pengiriman:

Rp. 70.000,-/tahun

Rp. 8.000,-/eksemplar


Pembayaran melalui:

Bank Mandiri - Jakarta, Kelapa Dua

A/C No. 165 0000 558743

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama

Marketing


BCA Bidakara

A/C No. 450 558 9999

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama


Persembahan Kasih melalui:

BCA Bidakara

A/C No. 450 305 2990

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama