24
Feb

MENGUBAH PERSPEKTIF

Kejadian 45:1-5

“Akulah Yusuf, saudaramu, yang kamu jual ke Mesir.

Tetapi sekarang, janganlah bersusah hati dan janganlah menyesali diri,

karena kamu menjual aku ke sini, sebab untuk memelihara kehidupanlah

Allah menyuruh aku mendahului kamu.”

(Kejadian 45:4-5)

 

 

 

Teens, kamu sudah pernah kan membaca kisah Yusuf dan saudara-saudaranya? Saudara-saudara Yusuf memasukkannya ke dalam sumur, menjualnya, sehingga Yusuf terpisah dari keluarganya untuk waktu yang lama. Di tanah Mesir, Yusuf juga tidak menjalani hidup yang mudah. Ia menjadi pelayan, difitnah, masuk ke dalam penjara, dilupakan, dan lain sebagainya. Beragam emosi mungkin mendera Yusuf; perasaan marah, sedih, kecewa bercampur menjadi satu. Pengalaman hidupnya yang begitu pahit, bisa saja membuat Yusuf mendendam kepada saudara-saudaranya. Tetapi, ternyata, Yusuf tidak demikian. Apabila kita dihadapkan pada situasi yang sama, bagaimana perasaan kita? Mungkin kita akan menunggu saat kita akan bertemu dengan mereka yang menyakiti kita, dan membalas agar mereka merasakan apa yang kita rasakan.

 

 

Yusuf memiliki kesempatan untuk melakukannya. Ia telah menjadi orang kepercayaan Firaun. Ia mengelola bahan pangan untuk menjaga kehidupan seluruh bangsa Mesir, bahkan bangsa-bangsa lain. Yusuf bisa memilih untuk membalas saudara-saudaranya dengan tidak menolong mereka. Tetapi, Yusuf tidak melakukannya. Yusuf mengampuni mereka. Bahkan, Yusuf dapat melihat rencana Allah yang indah di balik semua maksud jahat saudara-saudaranya dan semua pengalaman pahit yang ia alami. Yusuf mampu melihat bahwa Allah mengizinkan semuanya terjadi demi memelihara kehidupan Yusuf dan keluarganya. Bahkan, untuk memelihara kehidupan bangsa Mesir dan bangsa-bangsa di sekitarnya juga.

 

 

Teens, jika kita berada dalam persoalan, jangan terburu-buru untuk marah, sedih, maupun kecewa! Mari mengubah perspektif dan berupaya melihat maksud Allah yang jauh lebih besar dan indah dari yang kita bayangkan. Ingatlah, bila kita memegang setangkai mawar, kita dapat memilih untuk marah karena duri-duri di tangkainya, atau menikmati indah kelopaknya!

Multiple Ajax Calendar

February 2020
S M T W T F S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829

Pengganti ongkos cetak dan biaya pengiriman:

Rp. 70.000,-/tahun

Rp. 8.000,-/eksemplar


Pembayaran melalui:

Bank Mandiri - Jakarta, Kelapa Dua

A/C No. 165 0000 558743

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama

Marketing


BCA Bidakara

A/C No. 450 558 9999

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama


Persembahan Kasih melalui:

BCA Bidakara

A/C No. 450 305 2990

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama