18
Feb

IRI HATI

Kejadian 4:1-16

“Mengapa hatimu panas dan mukamu muram?

Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik?

Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu;

ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.”

(Kejadian 4:6-7)

 

 

 

 

Iri karena teman lebih berprestasi, lalu menjadi sulit tidur. Iri karena orang lain berpenampilan lebih cakap, lalu ingin melukai wajahnya. Iri merupakan sebuah perasaan takut akan kekurangan diri sendiri karena melihat kelebihan yang orang lain miliki. Iri berbeda dari cemburu. Jika cemburu adalah perasaan takut kehilangan orang yang kita miliki (pacar, misalnya), iri adalah perasaan takut terhadap sesuatu yang tidak kita miliki. Dengan kata lain, iri adalah perasaan mengada-ada atas apa yang kita tidak punya. Perasaan iri sungguh membahayakan kita dan orang lain. Iri merupakan dosa yang sudah mengintip di depan pintu, siap menerkam kita kalau kita lengah. Teens, ingatlah bahwa iri bisa menjadikan kita yang semula adalah orang baik, menjadi orang jahat di kemudian hari. Menyeramkan, bukan?

 

 

Iri membakar hati Kain dan merupakan tanda tak mampu Kain yang mempersembahkan hasil pertanian bukan yang terbaik. Ia iri kepada Habel yang mempersembahkan domba tambun sebagai yang terbaik untuk Tuhan. Karena persembahannya tidak diterima, Kain sangat membenci Habel. Kain ingin menyakiti Habel. Kemudian dengan hati yang membara, ia memukul Habel di ladang hingga mati. Jadi, Habel terbunuh karena ia baik, sedangkan Kain membunuh karena perasaan iri. Jika kita tidak dapat mengenali dan mengendalikan perasaan iri, kita bisa jatuh pada kejahatan.

 

 

Yuk kenali perasaan iri sejak dini! Kendalikanlah perasaan negatif. Perasaan bersyukur dapat menjadi salah satu sikap yang bisa kita praktikkan. Mudahkah ini? Tentu saja tidak. Bagaimana mungkin kita bersyukur kalau kita merasa lebih jelek, lebih miskin, lebih bodoh dari orang lain? Tentu kita masih dapat bersyukur dengan semua itu. Temukanlah kebaikan diri kita, jangan bandingkan dengan orang lain, niscaya perasaan iri itu lambat laun terkikis pelan tapi pasti. Iri hanya menggerogoti hati, membuat kreativitas kita mati.

Multiple Ajax Calendar

February 2021
S M T W T F S
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Pengganti ongkos cetak dan biaya pengiriman:

Rp. 70.000,-/tahun

Rp. 8.000,-/eksemplar


Pembayaran melalui:

Bank Mandiri - Jakarta, Kelapa Dua

A/C No. 165 0000 558743

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama

Marketing


BCA Bidakara

A/C No. 450 558 9999

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama


Persembahan Kasih melalui:

BCA Bidakara

A/C No. 450 305 2990

a.n. Yayasan Komunikasi Bersama